Pelatihan Membangun Jurnal Elektronik, Jakarta, 9-12 Sep 2014

Jurnal ilmiah merupakan salah satu sarana komunikasi dari penelitian yang telah dilaksanakan. Saat ini jurnal ilmiah di Indonesia yang terdaftar dan memperoleh ISSN lebih dari 8.000, dari jumlah tersebut kurang dari 5.000 yang masih aktif terbit dengan kondisi tercetak (printed). Sementara kurang dari 500 penerbit jurnal yang menerbitkan secara elektronik (electronic journal). Selain itu proses penerbitan masih belum terintegrasi dengan sirkulasi yang terbatas. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya sitasi dari tulisan yang dihasilkan peneliti, sehingga penelitian kita kurang dikenal oleh masyarakat baik nasional terlebih lagi secara internasional.

Publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah merupakan salah satu sarana efektif untuk meningkatkan visibilitas hasil penelitian. Dampak dari visibilitas tersebut yaitu peneliti lain dapat mengetahui hasil penelitian kita sehingga dapat disitir dan dimanfaatkan, lebih jauh lagi duplikasi kegiatan penelitian dan plagiarismen dapat dihindarkan. Di sisi lain perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini telah menggeser pola penerbitan jurnal ilmiah dari cetak menjadi elektronik. Dengan versi elektronik jurnal dapat didiseminasikan lebih luas, lebih cepat dan memudahkan penulis dan penerbit dalam proses penerimaan dan reviewnya. Di tingkat internasional penerbitan jurnal ilmiah baik yang baru dan lama saat ini sudah menggunakan versi elektronik, namun sangat disayangkan untuk penerbitan jurnal ilmiah Indonesia saat ini sedikit sekali yang menggunakan versi elektronik.

Berdasarkan hal tersebut untuk membantu mempercepat dan mengefektifkan proses penerbitan jurnal maka PDII LIPI menyelenggarakan Pelatihan Membangun Jurnal Elektronik di Jakarta pada tanggal 9-12 September 2014. Dalam pelatihan ini, fasilitator menggunakan salah satu aplikasi berbasis web untuk pengelolaan jurnal elektronik yaitu Open Journal System (OJS). OJS merupakan sistem aplikasi e-journal berbasis open source yang dapat digunakan penerbit untuk menerima artikel, menyeleksi, mereview sampai menerbitkan artikel secara daring (dalam jaringan). Sistem tersebut mengadopsi dari sistem yang dikembangkan oleh Public Knowledge Project (PKP). Dengan adanya pelatihan menggunakan sistem OJS ini, diharapkan pengelola jurnal dapat menerbitkan jurnal secara terintegrasi secara real time sehingga tulisan yang dihasilkan dapat disitir secara luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: