Memperkenalkan aktivitas penelitian melalui LIPI Expo 2014


2014-09-13 09.01.03Saya berkesempatan mengajak keluarga untuk mengunjungi LIPI Expo 2014 pada bulan September yang lalu. Kunjungan ini saya manfaatkan untuk memperkenalkan aktivitas penelitian kepada anak-anak, terutama penelitian di bidang mikrobiologi. Secara khusus, tema yang diusung dalam expo tahun ini memang mengenai mikrobiologi dengan segenap aspeknya. Kebetulan juga bersamaan dengan momen peresmian Pusat Koleksi Mikroorganisme InaCC oleh Wakil Presiden RI periode 2009-2014, Prof. Dr. Boediono.

2014-09-13 08.46.03Berdasarkan Siaran Pers yang tercantum dalam website LIPI, mikroorganisme memiliki manfaat yang beragam di bidang pangan, pakan, sandang, pertanian, kesehatan, lingkungan, dan energi. Namun pemanfaatannya untuk kesejahteraan manusia masih terhambat oleh berbagai kendala. Hal ini terkait teknis penyediaan mikroorganisme, manajemen dan perundang-undangan di masing-masing negara. Selain itu, kedaulatan kepemilikan mikroorganisme serta isu keamanan dan keselamatan juga memberi sumbangan hambatan tersendiri. Untuk mengatasi hal tersebut dan mempercepat pemanfaatannya, negara-negara maju membangun infrastruktur Biological Resources Center untuk menjamin kesediaan mikroorganisme dengan memperhatikan regulasi yang selaras dengan peraturan perundang-undangan, komitmen internasional serta isu keamanan dan keselamatan. Sejalan dengan hal tersebut, LIPI dirikan pusat koleksi mikroorganisme InaCC.

2014-09-13 08.59.28Bersamaan dengan peresmian tersebut, LIPI juga melakukan eksibisi untuk menyebarkan hasil-hasil riset unggulan LIPI di kalangan masyarakat. Acara ini digelar dalam LIPI EXPO yang diselenggarakan di Gedung InaCC LIPI Cibinong tanggal 11-13 September 2014. Adapun materi-materi yang ditampilkan yaitu alat pengolahan air, alat pencetak mie dan obat anti kanker. Selain itu juga akan ditampilkan prototype baterai lithium dan deteksi sensor gerakan tanah. Pameran ini nantinya akan dibagi ke dalam beberapa kluster seperti air, pangan, jasa informasi dan teknologi tepan guna. Selain itu juga akan ada kluster obat dan kesehatan, kebencanaan, material maju, energi, serta sosial dan kemanusiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: