Innalilahi… Lulus Sertifikasi Ahli PBJ


Tumpukan Regulasi PBJ :-(

Tumpukan Regulasi PBJ😦

Banyak faktor yang mempengaruhi maju atau tidaknya perjalanan karir seseorang, salah satunya adalah pengakuan akan kompetensi dan keterampilannya. Pengakuan ini lazim dikenal dengan tersertifikasinya seseorang dalam kompetensi tertentu. Ada banyak contoh yang sering kita dengar, misalnya sertifikasi guru, sertifikasi dosen, sertifikasi assesor, sertifikasi ahli jaringan komputer, dan lain sebagainya. Ketika seseorang mendapatkan sertifikat atas salah satu kompetensinya, tentunya yang bersangkutan merasa gembira. Hal ini wajar sebab biasanya sertifikasi akan disertai dengan peningkatan pendapatan, terutama kompetensi yang memberikan tunjangan sertifikasi.🙂

Lain halnya dengan sertifikasi yang saya terima baru-baru ini, yaitu Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang dan Jasa. Menurut saya, sertifikasi ini musibah, sebab tugas dan tanggung jawab yang menunggu di belakangnya sungguh berat dan seringkali ingin dihindari oleh banyak orang, termasuk saya. Maka saya ucapkan, “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun….”.

Dan benar saja, beberapa waktu setelah terkirimnya “Sertifikat Ahli PBJ”, berdua dengan sahabat saya, serta merta kami diberikan tugas terkait dengan bidang tersebut, yaitu Tim Lelang, Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pembuat Komitmen. Pada awalnya saya terhindar terlibat salah satu dari ketiganya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, dan ketentuan Alloh SWT, akhirnya saya diberikan tugas, bahkan langsung sebagai yang ketiga dari ketiganya. Maka saya ucapkan, “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun….”. Semoga Alloh SWT menyelamatkan dan melindungi saya dari musibah ini. Amin ya robbal alamin…

Leave a Reply

