Peran kantor/organisasi dalam pendidikan


100_5868Beberapa bulan terakhir ini saya menerima kelompok-kelompok siswa SMK yang mengambil tugas PKL (Praktek Kerja Lapangan). Setiap kelompok biasanya terdiri atas 5-6 siswa. Program ini telah berjalan sejak bulan Maret 2013 dan hingga saat ini masih berjalan.

Siswa SMK yang mengikuti program PKL di unit kerja saya berasal dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Latar belakang keilmuan mereka cukup memadai untuk membantu proses kerja di unit kerja saya. Dalam setiap periode program PKL, saya selalu menginginkan agar mereka tidak hanya sekedar mengerjakan tugas dari sekolah, atau hanya membantu pekerjaan di unit kerja saya. Lebih dari itu, saya menginginkan mereka belajar. Belajar mengenai bagaimana bekerja di suatu kantor, memahami dan melaksanakan proses bisnis, membuat laporan, juga mengenai tata krama dan sopan santun di dunia kerja.

Dengan demikian, kantor atau unit kerja saya dapat mengambil peran dalam pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Saya ingin, anak-anak yang mengambil program PKL di unit kerja saya, mampu belajar dan mengambil manfaat dari program yang mereka ikuti. Mereka akan selalu ingat, bahwa ketika PKL di PDII LIPI selalu berkesan dan ada gunanya untuk mereka kelak di kemudian hari.

One Response to Peran kantor/organisasi dalam pendidikan

  1. […] postingan sebelumnya berjudul Peran kantor/organisasi dalam pendidikan, saya melalu memberikan pengarahan dan bimbingan kepada setiap kelompok peserta program PKL yang […]

Leave a Reply

