Pelatihan OJS di Mataram


Pada tanggal 14-17 Mei 2013, saya didaulat untuk menjadi salah satu instruktur dalam pelatihan OJS yang diselenggarakan oleh Ristek bekerjasama dengan PDII LIPI dan BLHP Propinsi NTB di Kota Mataram. Berikut ini adalah berita yang saya kutip dari website Ristek mengenai kegiatan tersebut.

————————————————————–

Kelola Jurnal Ilmiah Elektronik Tingkatkan Publikasi

ojsPublikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah merupakan salah satu sarana efektif untuk meningkatkan visibilitas hasil penelitian. Dampak dari visibilitas tersebut yaitu peneliti lain dapat mengetahui hasil penelitian sehingga dapat disitir dan dimanfaatkan, lebih jauh lagi duplikasi kegiatan penelitian dan plagiarismen dapat dihindarkan. Di sisi lain perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini telah menggeser pola penerbitan jurnal ilmiah dari cetak menjadi elektronik. Dengan versi elektronik jurnal dapat didiseminasikan lebih luas, lebih cepat dan memudahkan penulis dan penerbit dalam proses penerimaan dan reviewnya. Di tingkat internasional penerbitan jurnal ilmiah baik yang baru dan lama saat ini sudah menggunakan versi elektronik, namun sangat disayangkan untuk penerbitan jurnal ilmiah Indonesia saat ini sedikit sekali yang menggunakan versi elektronik.

Untuk meningkatkan konten Pustaka Jurnal Kementerian Riset dan Teknologi, serta mendorong publikasi hasil-hasil penelitian lembaga Litbang di Propinsi Nusa Tenggara Barat Asdep Data dan Informasi Iptek Kementerian Ristek bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup dan Penelitian Nusa Tenggara Barat (BLHP – NTB) dan PDII-LIPI, menyelenggarakan pelatihan “Pengelolaan Jurnal Ilmiah Elektronik Menggunakan Open Jurnal System (OJS) dan Jurnal Online” di Mataram, tanggal 14-17 Mei 2013. Pelatihan diikuti oleh 30 peserta yang merupakan pengelola Jurnal atau dokumentasi Ilmiah Bappeda Kabupaten/Kota serta Universitas Negeri dan Swasta se-Nusa Tenggara Barat, seperti Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Lombok Tengah, Kota Bima, Lembaga Penelitian Universitas Mataram, Universitas Al-Azhar, Universitas Muhammadiyah Mataram, dan Universitas 45 Mataram.

Kepala Bidang Data dan Informasi Iptek Masyarakat Kementerian Ristek, Henri Tambun dan Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Penelitian yang diwakili oleh Ghulam Abbas, dalam sambutannya menekankan perlunya lembaga penelitian maupun para peneliti untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian. Publikasi ini dapat digunakan masyarakat maupun peneliti yang membutuhkan data dan informasi tentang Iptek.

Salah satu media publikasi hasil-hasil penelitian yang saat ini sedang berkembang dan menjadi perhatian utama dari Kementerian Ristek adalah elektronik jurnal dengan interoperabilitas data antar lembaga litbang serta jurnal online.

Pelatihan diselenggarakan selama 3 hari dengan materi pelatihan Kebijakan Penerbitan Jurnal, Manajemen Penerbitan Jurnal Ilmiah, Manajemen Situs, Manajemen Jurnal dan Manajemen Penerbitan. Sebagai hasil dari pelatihan, telah terpasang OAI di Jurnal Universitas Mataram secara interoperabilitas dengan Pustaka Jurnal Ilmiah Indonesia – Kementerian Riset dan Teknologi. (Ad4-D2/ humasristek)

Sumber : http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/13307

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: