RB dan neng REMUN


Wah, pagi-pagi jam 7 parkiran sudah penuh“.

Iya, sepertinya ini efek dari neng remun“.

Ah, bapak bisa saja“.

Ada nuansa berbeda mengawali padatnya kegiatan di tahun 2013 ini. Betapa tidak, kantor telah terlihat semarak sejak pagi-pagi hingga sore hari. Hal ini tidak terlepas dari semangat baru untuk mencapai target kinerja terbaik sekaligus memperbaiki dan meningkat prestasi yang selama ini dicapai.

Semangat baru yang membangunkan para abdi negara untuk bekerja profesional sesuai dengan amanah yang dibebankan kepadanya. Adalah dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, yaitu reformasi birokrasi (RB) dan remunerasi (REMUN). Ketika keduanya bertemu dalam situasi dan kondisi yang tepat, efeknya luar biasa. Ya, seperti dialog ringan di awal tulisan ini. Semangat baru.

Semangat saja tidak cukup tentunya. Ada yang lebih penting untuk mengisi hari-hari sekarang dan selanjutnya. RB sudah, REMUN sudah, lantas mau apa? Oiya, kehadiran pastinya. Yang satu ini tidak dapat ditoleransi lagi, tanpa ampun. Satu lagi, sasaran kinerja pegawai (SKP). Nah, yang kedua ini tidak kalah pentingnya. Ya, dengan SKP ini si neng REMUN akan ditentukan.

Saat ini setiap pegawai dituntut untuk membuat perencanaan terhadap apa yang akan dikerjakan dan dicapainya. Ini penting, mengingat seringkali kita tidak dapat menilai dan mengevaluasi kinerja kita sebab kita tidak pernah membuat perencanaan. Oleh karena itu banyak orang terjebak kepada rutinitas pekerjaan. Ketika ditanya, “Anda sedang apa? Jawabnya spontan, “Ya saya begini-begini saja pak, kerjaan rutin”. Gubrak… Padahal dibalik kerjaan rutin itu, tersembunyi banyak manfaat, baik bagi dirinya sendiri maupun para pemangku kepentingan organisasinya.

Ya, perencanaan. Satu hal yang sangat positif dari diterapkannya RB dan neng REMUN ini adalah setiap pegawai harus membuat perencanaan. Setiap sub unit harus membuat perencanaan. Setiap unit kerja harus membuat perencanaan.

Jadi, tidak ada lagi orang yang bingung datang pagi-pagi ke kantor. Mereka sudah mempunyai rencana sejak awal, saya hari ini mau ini, mau itu, dst.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: