Tahapan analisis subyek


Pak, saya kemarin melihat-lihat hasil analisis subyek yang bapak buat untuk laporan penelitian. Mohon maaf sebelumnya, kalau boleh saya memberikan masukan agar hasil analisis lebih baik, bagaimana pak?”

Wah, boleh bu, justru masukan itu yang sangat saya perlukan, karena ilmu kepustakawanan saya memang belum sebaik ibu dan teman-teman pustakawan lainnya. Terima kasih sebelumnya“.

Senang rasanya bisa berdiskusi dengan teman-teman staf yang tidak segan-segan mengingatkan kekeliruan kita. Pertama kali saya sangat mengapresiasi masukan dari mereka. Idealnya memang harus ada komunikasi dua arah antara staf dan pimpinan sehingga organisasi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Terkait dengan diskusi tahapan analisis subyek untuk bahan pustaka, khususnya laporan penelitian, saya menyampaikan terlebih dahulu metode yang saya gunakan. Hal ini penting untuk menyamakan persepsi mengenai topik yang didiskusikan. Sebab, komplain awal yang saya terima adalah terdapat beberapa subyek yang saya kerjakan tidak ada di LCSH (Library of Congress Subject Headings). Oleh karena itu, saya jelaskan bahwa seluruh subyek yang saya cantumkan berasal dari LCSH, LCSH yang saya gunakan adalah versi online yang dapat diakses melalui URL http://authorities.loc.gov/cgi-bin/Pwebrecon.cgi?DB=local&PAGE=First.

Tahapan yang saya lakukan untuk analisis subyek bahan pustaka berupa laporan penelitian sebagai berikut:
1. Ambil bahan pustaka laporan penelitian
2. Baca dengan teliti, mulai dari judul, pengarang, abstrak, daftar isi, dst
3. Siapkan kertas kerja yang memuat subyek, kategori, kelas, tahun terbit
3. Telusuri dari OPAC PDII (http://elib.pdii.lipi.go.id/katalog/)
4. Jika terdapat temuan yang sama (biasanya laporan penelitian multiyears), ambil subyek, kategori dan kelas dari temuan tersebut, kecuali tahun menyesuaikan.
5. Tulis dalam kertas kerja sesuai dengan subyek, kategori, kelas, tahun terbit
6. Jika tidak terdapat temuan yang sama, cari tingkat kemiripan dan relevansi yang paling sesuai, kemudian ikuti langkah 5
7. Jika tidak ditemukan sama sekali, gunakan LCSH versi online (http://authorities.loc.gov/cgi-bin/Pwebrecon.cgi?DB=local&PAGE=First) untuk menentukan subyek. Pilih topik-topik yang paling sesuai dengan langkah 2, topik dalam bahasa inggris. Cari subyek yang sesuai dari menu pencarian subyek di LCSH versi online.
8. Lakukan langkah 5
9. Serahkan kepada pengentri untuk dientrikan metadata lengkapnya.

Kira-kira best practice itu yang saya lakukan.

One Response to Tahapan analisis subyek

  1. […] tulisan saya yang berjudul Tahapan analisis subyek, saya memperoleh wawasan dan ilmu baru di bidang kepustakawanan. Hal ini saya peroleh ketika […]

Leave a Reply

