Pengolahan Literatur


Hari-hari belakangan ini merupakan hari-hari yang dipenuhi dengan keterkejutan. Bagaimana tidak, baru saja pada tanggal 23 Desember yang lalu saya menerima penugasan baru yang sama sekali tidak terbayang sebelumnya. Saya ditempatkan di unit kerja yang menangani pengolahan literatur di PDII LIPI.

Pengolahan literatur? Benda apakah itu? Saya memulai memperbaharui pengetahuan saya mengenai pengolahan literatur melalui penelusuran di mesin pencari Google. Mengejutkan, dengan kata kunci “pengolahan literatur”, saya tidak mendapati temuan yang relevan. Wah, saya pikir kata kunci tersebut akan membantu saya karena terdengar sangat akrab di lingkungan PDII LIPI, apalagi menjadi nama dari salah satu unit kerjanya.

Baik, saya mencoba menggunakan kata kunci lain, yaitu “pengolahan bahan pustaka” dan “pengolahan koleksi perpustakaan”. Bersyukur saya mendapatkan informasi yang relevan. Berikut beberapa pengetahuan yang bisa saya simpulkan dari penelusuran mengenai Pengolahan Literatur.

  1. Ikhtisar Jabatan : Mengelola kegiatan sub. bidang pengolahan yang meliputi merencanakan, mengkoordinasi dan membimbing serta mengawasi pelaksanaan tugas pengolahan literatur; memeriksa, menilai hasil pelaksanaan kegiatan bawahan berdasarkan wewenangnya dan melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan. Uraian Tugas : 1.Menyusun rencana kegiatan sub bidang pengolahan literatur menurut bidang tugasnya; 2.Membagi tugas kepada bawahan agar kegiatan berjalan susuai dengan rencana; 3.Memberi petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dilakukan dengan baik dan benar; 4.Membimbing bawahan agar tugas dikerjakan secara efektif dan efisien; 5. Mengembangkan dan mengelola tugas, sarana dan prasarana sub bidang pengolahan literature; 6.Menghitung kebutuhan bahan kerja sub bidang pengolahan literature sesuai dengan jumlah pemakaian; 7.Mengkonsultasikan tugas dengan atasan untuk memperoleh kesatuan pendapat dalam pelaksanaan tugas yang baik; 8.Mengawasi kegiatan pengolahan literatur agar tugas berjalan baik dan sesuai dengan rencana; 9.Memberi penilaian pada bawahan tentang pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawabnya; 10.Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan.
  2. Pengolahan Literatur adalah suatu kegiatan kerja yang berhubungan dengan koleksi bahan pustaka sejak tiba di perpustakaan sampai siap untuk digunakan pemakainnya atau dipinjam oleh pemakainnya. Kegiatannnya meliputi:
    a.    Inventarisasi yaitu kegiatan kerja yang berupa pencatatan koleksi bahan pustaka sebagai bukti bahwa koleksi bahan pustaka tersebut menjadi hak milik perpustakaan.
    b.    Klasifikasi yaitu kegiatan kerja mengelompokan koleksi dengan cara memberikan kode tertentu agar koleksi yang sejenis dapat terkumpul menjadi satu.
    c.    Pembuatan Katalog, yaitu pembuatan uraian singkat tentang keterangan suatu koleksi, yang dapat dipergunakan sebagai wakil dari koleksi yang bersangkutan, agar mudah ditemukan.
    d.    Penyelesaian koleksi, yaitu kegiatan kerja lanjutan sesudah pembuatan katalog yang berupa pemberian perlengkapan administrasi pada koleksi, dan penyususnan koleksi di rak sehingga memungkinkan koleksi itu dapat siap dipergunakan dalam pelayanan pemakai
    e.    Penyajian koleksi.

Dari pengetahuan awal tersebut, saya membuat perencanaan untuk melaksanakan kegiatan di tahun 2012.

Semangat…!

One Response to Pengolahan Literatur

  1. Sri Hartinah says:

    Ijin share ya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: