Diklat Teknik Penelusuran Informasi Ilmiah untuk Peneliti di Lingkungan Setjen DPR


Beberapa hari ke depan saya berkesempatan hadir sebagai fasilitator dalam kegiatan Diklat Penelusuran Informasi Ilmiah untuk Peneliti di Lingkungan Setjen DPR. Menarik sekali dialog dan berbagi pengetahuan yang saya lakukan dengan para peserta. Diklat ini berguna sekali untuk kawan-kawan di Setjen DPR, tidak hanya peneliti tetapi juga perancang perundang-undangan (legal drafter). Saya mengetahui dari salah satu peserta (mas Budi Prasetyo), bahwa dalam penyusunan naskah akademik suatu undang-undang, memerlukan kolaborasi tiga pihak, yaitu peneliti, perancang perundang-undangan dan pakar/ahli.

Belakangan beban kerja kawan-kawan Setjen nampaknya semakin meningkat, mengingat kecenderungan pengajuan undang-undang dalam tahun-tahun terakhir ini lebih didominasi dari kalangan dewan, bukan dari pemerintah (dalam hal ini kementerian atau lembaga). Hal ini semakin menunjukkan peran penting Pusat Pengkajian dan Pengolahan Data dan Informasi Setjen DPR dalam menfasilitasi dan memberikan masukan bagi dewan dalam penyusunan suatu undang-undang tertentu.

Perubahan dan perkembangan informasi terjadi dengan amat cepat, sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Keterampilan menelusur informasi ilmiah sangat diperlukan baik oleh kalangan industri, akademisi, maupun masyarakat pada umumnya.

Akhir – akhir ini penelusuran informasi menjadi lebih diperlukan dikarenakan adanya ledakan informasi yang semakin hari semakin bertambah banyak. Beragamnya bentuk media penyimpanan informasi khususnya dalam bentuk pangkalan data elektronik (internet, CD-ROM, dan OPAC), memerlukan penguasaan dan pemilihan sumber sumber informasi dengan lebih baik. Pengguna informasi dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuaannya, agar dapat mengumpulkan informasi secara cepat, tepat, efisien sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Program pelatihan ini membahas tentang teknik dan strategi penelusuran informasi dari sumber-sumber informasi yang tersedia di perpustakaan dan internet yang sangat luas dan banyak. Hal yang sangat penting adalah memilih sumber yang terbaik dari berbagai tipe informasi dan metode penelusuran yang paling efektif. Bahkan yang lebih penting lagi adalah mengevaluasi dan menganalisis informasi yang diperoleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: