Pentingnya menggunakan barang-barang berstandar


Pagi ini saya mengalami dua peristiwa yang cukup membuat saya tersadar mengenai pentingnya menggunakan barang-barang berstandar. Yang pertama adalah ketika tiba-tiba stop kontak mengeluarkan asap dan bunga api. Alhamdulillah sekering listrik di rumah berfungsi dengan baik, sehingga kejadian tersebut tidak menimbulkan bahaya lebih lanjut karena aliran listrik langsung terputus. Ketika saya memeriksa stop kontak dan colokan listrik yang terbakar tersebut, ternyata merk-nya tidak cukup familier dan dari kualitas bahan terlihat kurang bagus (tipis dan mudah patah). Pantas saja dia tidak bisa menahan beban arus yang cukup besar (rumah saya menggunakan listrik PLN 1300W). Hal ini mungkin disebabkan peralatan instalasi listrik yang terpasang tidak memenuhi standar yang dipersyaratkan dalam Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000.

Yang kedua adalah ketika gas elpiji untuk memasak habis, saya menelepon agen langganan keluarga kami untuk minta diantar. Pada saat saya memasangkan regulator ke mulut tabung gas, yang terjadi adalah kebocoran gas. Semula saya mengira regulator saya rusak, tetapi ketika saya pasang regulator cadangan ternyata kejadiannya sama. Saya menelepon kembali agen untuk minta diganti. Alhamdulillah saya mendapatkan penggantian tabung gas yang tidak bocor. Menurut agen, kejadian seperti ini memang beberapa kali pernah terjadi dan agen mengganti dengan yang baru. Dia menuturkan bahwa pada beberapa tabung gas memang ada yang berbeda-beda ujung mulutnya itu, sehingga terkadang tidak tertutup dengan baik ketika dipasangkan regulator, akibatnya terjadi kebocoran. Jika saya perhatikan memang ada sedikit perbedaan diameter mulut tabung yang bocor dengan yang tidak bocor. Demikian pula dengan ketinggian mulut tabung. Hal ini seharusnya tidak terjadi jika produsen tabung memperhatikan betul standar yang harus dipenuhi, yaitu Standar Tabung Gas dan Asesorisnya.

Mudah-mudahan peristiwa seperti ini tidak terulang kembali.

Leave a Reply

