Pemerintah Jangan Kalah dengan Underwriter


Jakarta – Harga saham perdana PT Garuda Indonesia di bursa diperkirakan Rp750-Rpl.lOO/lembar. Namun Meneg BUMN diminta tidak “kalah” dalam bargain dengan penjamin emisi [underwriter). Ekonom meminta pemerintah diminta menyewa analis independen supaya kasus IPO KS Jilid 2 tidak terulang kembali.

Namun LIPI memperkirakan harga saham Garuda yang pantas adalah Rpl250/lembar. “Saya optimis pantas nya sekitar Rpl,250/-iembar. Posisi Garuda Indonesia lebih strategis ketimbang Krakatau Steel (KS). Jadi jangan kalah bargain dengan underwriter,” ujar ekonom LIPI Dr. Latif Adam kepada Neraca, Rabu (12/1).

Dia menyarankan agar pemerintah menyewa analis independen. “Kasus IPO KS yang murah karena pemerintah tak memiliki second opinion. Buktinya, ketikasaham perdana KS keluar nilainya Rp 1.270 per lembar. Untuk IPO Garuda ini, saya menyarankan kementerian BUMN untuk menyewa analis independen,” ujarnya

Tujuannya, menurut dia, agar pemerintah bisa menentukan harga yang pantas dengan fakta yang ada. Kemudian agar pemerintah tidak tercebur ke lubang yang sama untuk kedua kalinya, berkaca dari pengalaman IPO KS. Selain right issue dan obligasi, IPO sah-sah saja dilakukan tapi harus berperforma baik. “Yang terpenting, selayaknya kementerian BUMN perlu lebih selektif dan identifikasi BUMN yang ideal di-IPO-kan,” tambahnya.

Latif menjelaskan tujuan IPO ini untuk menahan laju capital inflow dalam negeri. Nah, capital inflow ini diharapkan masuk ke sektor-sektor seperti keuangan, jasa, dan sektor riil. Selain itu juga untuk mendorong performa BUMN. “Pada 2010 lalu, dividen BUMN totalnya Rp29,5 triliun.

Sumber: Harian Ekonomi Neraca (13/1/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: