P2SMTP LIPI BANTU SMK TANGSEL DAN BOGOR PEROLEH SERTIFIKAT ISO 9001:2008


Salah satu indikator penyelenggaraan pendidikan yang baik di sekolah adalah mutu manajemen sekolahnya. Manajemen sekolah berserta seluruh stakeholders yang terlibat di dalamnya memegang peranan penting dalam rangka menjamin terwudunya penyelenggaraan ‘layanan’ pendidikan bagi para ‘pelanggannya’, yakni proses belajar-mengajar yang baik bagi para murid-muridnya.

Menyadari pentingnya hal tersebut, sejak tahun 2009 lalu P2SMTP LIPI berkomitmen membantu sekolah-sekolah untuk melakukan peningkatan mutu manajemen (pengelolaan) sekolah berbasis standar ISO 9001:2008, secara lebih khusus dipandu dengan ISO/IWA 2 (ISO 9001 khusus di bidang pendidikan). Komitmen tersebut diejawantahkan melalui kajian awal tentang kondisi SMK di 6 propinsi, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sumatera Utara melalui sampling di beberapa SMK. Kemudian dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan ISO 9001:2008/ ISO/IWA 2 bagi SMK, khususnya di wilayah Tangerang Selatan, awareness bagi para kepala sekolah dan guru, dilanjutkan pemilihan SMK yang berpotensi mampu mengikuti bimbingan teknis serta pelaksanaan bimbingan bagi sekolah-sekolah terpilih untuk menerapkan ISO 9001:2008/ ISO/IWA 2 di sekolahnya masing-masing.

Dimulai pada tahun 2009, P2SMTP LIPI, melalui program penelitian Dikti yang digawangi Drs. Sugiono dengan melakukan survai di 6 propinsi. Kemudian pada tahun 2010 dilakukan awareness ISO yang penyelenggaraannya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan dan PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Kegiatan tersebut mengundang seluruh sekolah menengah (SMP dan SMA sederajat) di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan. Dari hasil survai melalui kuesioner dan kunjungan ke beberapa sekolah secara lebih intensif, akhirnya diputuskan untuk difokuskan pada dua SMK, yaitu SMK Negeri 1 Gunung Putri Bogor dan SMK Triguna Utama, Ciputat, Tangerang Selatan. Sebenarnya program ini diharapkan bisa dilakukan bersama lebih banyak sekolah, namun mengingat keterbatasan dana untuk tahun 2010 difokuskan pada dua sekolah terlebih dahulu.

Buah dari kerjasama semua pihak, ditunjang dengan komitmen masing-masing sekolah dalam menerapkan sistem manajemen mutu yang mereka bangun berbasis ISO 9001:2008 dan memperhatikan beberapa butir dari ISO/IWA 2, kini SMKN 1 Gunung Putri Bogor dan SMK Triguna Utama Tangerang Selatan telah berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 dari National Quality Assurance (NQA) Indonesia.“Alhamdulillah kita telah berhasil mendampingi dua sekolah di Bogor dan Tangsel, SMKN 1 Gunung Putrid dan SMK Triguna Utama, untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008”, komentar Drs. Sugiono, Peneliti Utama di lingkungan P2SMTP LIPI, saat dimintai keterangan. Beliau berharap prestasi membanggakan ini dapat disusul oleh sekolah-sekolah lain. “P2SMTP LIPI juga terus berkomitmen membantu sekolah-sekolah secara khusus maupun Dinas Pendidikan secara umum dalam rangka menerapkan ISO 9001:2008/ ISO/IWA 2, untuk kemajuan mutu pendidikan di Negara kita.” imbuhnya.

Drs. Sugiono juga menambahkan, “Bukan hanya saya yang berkontribusi dalam pencapaian ini. Bu Puji Winarni sebagai Ka. P2SMTP, Pak Tomtom sebagai Ka. BTU sekaligus pemberi semangat pada pelatihan awareness, Pak Agus Fanar sebagai Ka. Bidang Penelitian Sistem Mutu yang bersama-sama ikut berpartisipasi dalam pembimbingan, Pak Ade Khaerudin sebagai Ka. Bidang Kerjasama Teknis dan Jasa Ilmiah yang mengelola MoU, juga membantu. Tidak kalah pentingnya, rekan kerja saya, yaitu Pak Djoko Agustono, Pak Darmawan Baginda Napitupulu, Pak Sik Sumaedi, dan Pak I Gede Mahatma Yuda Bakti, yang terjun langsung dalam kegiatan bimbingan teknis tersebut. Pada tahun anggaran 2011, kami mengajukan usulan melalui dana riset terapan untuk menggarap 4 (empat) SMK. Namun, kami belum tahu, apakah disetujui atau tidak.”

Selamat untuk SMK Negeri 1 Gunung Putri Bogor dan SMK Triguna Utama. Semoga prestasi membanggakan ini dapat diikuti sekolah-sekolah lain pada tahun 2011 ini, mengingat pada tahun 2014 tidak diperbolehkan lagi ada SMK yang tidak bersertifikasi ISO 9001. (FP)

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1294824419&&2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: