LIPI Bahas Isu Transnasional dan Keamanan Regional


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membahas isu Dinamika Transnasional dan Keamanan Regional yang dianggap penting untuk keamanan bangsa. Pembahasan tersebut dibahasa dalam seminar Refleksi Akhir Tahun 2010 LIPI yang digelar pada 16 Desember lalu.

Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusian (IPSK) LIPI, Aswatini saat berdialog dengan Voice Of Indonesia, kemarin, mengatakan bahwa dinamika transnasional dipahami sebagai kenyataan bahwa batas geografis dan batas simbolik Negara dirasakan semakin penting dengan bertambah seringnya pergerakan arus keluar masuk barang, manusia, dan gagasan.

Semakin pentingnya peran daerah-daerah atau tempat-tempat yang berbatasan langsung dengan Negara-negara tetangga tersebut bagi kehidupan ekonomi dan komunikasi masyarakat setempat, maka LIPI merasa perlu kembali mengangkat kembali isu ini agar Pemerintah Indonesia bias lebih memperhatikan isu tersebut.

“Kami meneliti juga daerah-daerah tertentu seperti halnya perbatasan. Bahkan kita mencari tahu apa sih permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi di daerah perbatasan. Mulai dari penyelundupan barang, manusia itu yang bias kami lakukan dan kemudian memberikan masukan kepada PEmerintah. KArena selama ini kan daerah perbatasan tersebut masih terabaikan.” Ujarnya.

Lebih lanjut Aswatini menjelaskan, Di sisi lain, isu transnasional ini sangat erat kaitannya dengan migrasi transnasional yang membawa berbagai dampak positif maupun negative, seperti pengiriman tenaga kerja (TKI) dengan berbagai permasalahannya, perdagangan manusia (human trafficking), meningkatnya pekerjaan yang tidak aman dan pengangguran global, pertukaran tekhnologi dan informasi serta menjadi jalur kegiatan ekonomi antar masyarakat di wilayah batas kedua Negara tersebut.

Aswatini berharap, penelitian-penelitian yang dilakukan selama ini oleh LIPI diharapkan dapat menjadi hasil yang berarti bagi pemrintah kedepannya untuk lebih memperhatikan daerah-daerah yang bersentuhan langsung dengan Negara tetangga. (Wahyudi/VOInews)

VOInews, 18 Desember 2010

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1292716777&2&2010&

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: