LIPI dan ITB Buka Program Studi Khusus Ilmu Kegempaan


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) akan membuat program pendidikan khusus di bidang kegempaan. Program yang bernama Garaduate Research on Earthquake dan Active tectonic (GREAT)itu mulai diselenggarakan pada 2011.

”Kedua belah pihak (LIPI dan ITB) termasuk pemerintah telah setuju sejaklama. Kami sekarang tengan membahas urusan administrasi dan teknispendidikannya,” ujar deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI Heri Harjono,di Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/12).

Heri menerangkan, calon mahasiswa GREAT minimal mahasiswa lulusan S1 yanghendak menempuh studi magister dan doktoral khusus bidang kegempaan.”GREAT akan menjadi center of excellent bidang gempa bumi pertama diIndonesia. Karena sampai sekarang belum ada satu pun perguruan tinggi diTanah Air yang membuka program ilmu kegempaan secara spesifik,” katanya.

Program kerja sama ini, lanjut dia, didirikan untuk mencetak pakar-pakarkegempaan di Indonesia. Sebab, meski wilayah Indonesia banyak terjadigempa, jumlah pakar justru masih sedikit.”Menyangkut seismologi, Indonesia adalah salah satu laboratorium dunia.Banyak ilmuwan luar negeri datang kesini untuk membuat penelitian. Tapi dilain sisi kita belum mengembangkan ilmu tersebut dan jumlah pakarnya masihterbatas,” ucapnya.

Heri lantas membandingkan kesigapan negara lain yang langsung berinisiatifmembuka lembaga studi kegempaan. Misalnya, Jepang yang sering mengalamigempa mempunyai earthquake institute (Eri) dan China memiliki ChinaEarthquake Administration.”Studi kegempaan di Indonesia sangat prospek karena banyak hal yang belumkita garap, antara lain mitigasi bencana dan tekonologi early warningsystem. Perangkat pendukung studi cukup banyak, tinggal bagaimana kitamemanafaatkannya untuk menciptakan sebuah penelitian yang andal,”imbuhnya.

Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Iskandar Zulkarnain menambahkan,GREAT bakal dibuka di Kota Bandung. Penanggung Jawab GREAT tetapkewenangan ITB sebagai lembaga penyelenggara satuan pendidikan tinggi.LIPI mendukung dari sisi sarana teknologi, ruang pengajaran, kurikulum,dan tenaga pendidik. Untuk pendanaan akan dibicarakan lebih lanjut olehITB, LIPI, dan kementerian terkait.

”Pemerintah mendukung 100 persen. Kami pun optimistis, masyarakat akan tertarikdengan GREAT. Apalagi di daerah masih kekurangan tenaga andal bidang.” (OL-11)

Media Indonesia, 9 Desember 2010

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1291934044&1&2010&

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: