Buku Putih Iptek Diluncurkan


Kementerian Riset dan Teknologi meluncurkan Buku Putih Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Iptek 2005-2010 yang diserahkan Menristek kepada tujuh Kementerian.

Menristek Suharna Surapranata saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Ristek di Serpong, Banten, Rabu, menyerahkan Buku Putih yang terdiri dari tujuh buku putih fokus bidang inovasi itu kepada para pejabat Eselon I yang mewakili kementerian terkait.

Buku Putih Teknologi Pangan diserahkan Menristek kepada Sekjen Kementerian Pertanian Hasanuddin Ibrahim, Buku Putih Teknologi Energi diserahkan kepada pejabat eselon I Kementerian ESDM.

Buku Putih Teknologi Transportasi diserahkan ke wakil dari Kementerian Perhubungan, Buku Putih Teknologi Informasi dan Komunikasi diserahkan kepada Dirjen Postel Keminfo, M Budi Setiawan, Buku Putih Teknologi Kesehatan dan Obat diserahkan kepada wakil Kemenkes.

Buku Putih Teknologi Pertahanan dan Keamanan diserahkan kepada wakil Kemenhan, dan Buku Putih Teknologi Material Maju diserahkan kepada Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Kemenperin Budi Darmadi.

“Pertumbuhan ekonomi nasional bisa terjadi jika ada inovasi. Tapi kunci penting inovasi adalah sinergi antarberbagai unsur kelembagaan terkait,” kata Menristek usai membagikan tujuh Buku Putih tersebut.

Dikatakan Menristek, tujuh bidang tersebut merupakan fokus dari peta jalan riset menuju target-target yang ingin dicapai pada 2025 dalam rangka mensiasati kondisi anggaran riset yang belum memungkinkan.

Buku Putih diharapkan Menristek, bisa mensinergikan berbagai lembaga terkait riset dan inovasi yang pada gilirannya akan meningkatkan daya saing nasional.

“Selama ini masing-masing jalan sendiri, baik pembuat kebijakan, lembaga penelitian, lembaga litbang kementerian, perguruan tinggi, dan dunia bisnis dan industri,” katanya.

Pada rakornas bertema “Membangun Sinergi untuk Penguatan Sistem Inovasi Nasional” itu, juga dipaparkan berbagai kebijakan oleh para pejabat eselon I dari sejumlah kementerian seperti Dirjen Pendidikan Tinggi Prof Dr Djoko Santoso yang memaparkan tentang Kebijakan Pendidikan dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Agus Supriyanto serta Wakil Ketua Kadin Dasep Ahmadi..

Hadir pula para kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian seperti Kepala BPPT Dr Marzan A Iskandar, Kepala LIPI Dr Lukman Hakim, Kepala Batan Dr Hudi Hastowo, dan Kepala Lapan Adi Sadewo Salatun.(ANT/A024)

Antara, 8 Desember 2010

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1291853648&1&2010&

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: