Ini Dia Calon Peneliti Masa Depan RI


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) ternyata tidak diimbangi dengan minat generasi muda menjadi peneliti.

Kepala Bagian Penelitian Karya Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Krisbiwati, menuturkan, saat ini, hanya 14 persen remaja yang ingin menjadi ilmuwan, dan hanya sembilan persen yang mengikuti perkembangan IPTEK. “Namun, empat tahun ke depan minat mereka akan berkembang mencapai 77 persen,” ujarnya baru-baru ini.

LIPI pun punya cara jitu untuk mendongkrak minat remaja menjadi ilmuwan dan peneliti. Sejak 1969, mereka rutin mengadakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) sebagai fondasi bagi pengembangan kreativitas remaja yang dapat memperkaya dan memperdalam pengetahuan secara komprehensif mengenai inovasi teknologi dan perkembangan teknologi.

“Melalui proses kreasi ide dan hasil karya akan membawa manfaat bagi pengoptimalisasian sumberdaya manusia yang unggul dan penggunaan teknologi yang kompetitif,” ungkap Lukman seperti dinukil dari keterangan tertulis LIPI, Rabu (24/11/2010).

LKIR biasanya mengangat topik permasalahan yang terutama berhubungan dengan bidang kesehatan, pertanian, dan pangan yang memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal sebagai objek penelitian. Selain LKIR, ada juga Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI). LKIR ditujukan bagi para remaja berusia 12-19 tahun. Sementara, PPRI menyasar kelompok usia 20-24 tahun.

Ada yang beda dalam penyelenggaraan LKIR ke-42 dan PPRI ke-9 tahun ini. Biasanya, dewan juri hanya menilai karya siswa yang sudah ada. Namun, tahun ini peserta mengajukan proposal kepada dewan juri untuk kemudian dinilai dan dibimbing. “Dari 622 proposal yang kami baca, hanya 24 saja yang dimbimbing. Kemudian terpilih 15 tim yang masuk dalam final,” ujar Kris.

Ke-15 finalis tersebut berasal dari tiga mata bidang lomba yakni Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), serta Ilmu Teknik dan Rekayasa. Untuk tiap bidang akan diambil tiga orang pemenang. Mereka berhak atas hadiah masing-masing pemenang I sebesar Rp12 juta, pemenang II Rp10 juta, dan pemenang III Rp8 juta.

Krisbiwati berharap, nantinya akan ada wadah bagi para peneliti muda ini agar mampu menciptakan karya yang berguna, sehingga perkembangan minat siswa di bidang pengetahuan pun meningkat.

Berikut daftar para pemenang LKIR ke-42 dan PPRI ke-9 yang Selasa, 23 November, malam, diumumkan, di Widya Graha LIPI, Jakarta.

* LKIR Ke-42 bidang IPSK

Pemenang I: Pebrian, Alanikika Pratyaksa dan Vina Nurlita dari SMA N 1 Malingping, Lebak, Banten

Pemenang II: Christine Aprilia Sulistio dan Shoim Abdullah dari SMA N 3 Merauke, Papua

Pemenang III: Hardiana Arsyad dari SMA N 1 Pinrang, Sulawesi Selatan

* LKIR Ke-42 bidang IPA

Pemenang I: Yan Restu Freski dan Darmadi dari Taman Pintar Science Club, Yogyakarta, DIY

Pemenang II: Rahmat Irkham Triaji dan Trisha Marselia dari SMA N 90 Jakarta, DKI Jakarta

Pemenang III: Rezza Putri Mahartika, Fauzizah Fatma Ningrum dan Erissa Hanifah dari MTsN Kediri II, Kediri Jawa Timur.

* LKIR Ke-42 bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa

Pemenang I: M Imam Mukhtar Shidiq dan Agustina Slamet dari SMK N 2 Depok, Sleman, DIY

Pemenang II: Budi Santoso, Elis Kartika Sari dan Novita Sari dari SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah

Pemenang III: Andrey Halim dan Reyner Jong dari SMA Santa Laurensia, Serpong, Tangerang, Banten

* PPRI ke-9 bidang IPSK

Pemenang I: Arham Rahman, Asriyani Mappiwali dan Andi Karmila Ningsih dari Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (UNM)

Pemenang II: Azmi Basyarahil dan Dani Aufar dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gajah Mada (UGM)

Pemenang III: Susilo Harjono dan Ravando dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UGM

* PPRI ke-9 bidang IPA

Pemenang I: Ameilinda Monikawati, Inna Amandari dan Sofa Farida dari Fakultas Farmasi UGM

Pemenang II: Azhari Nuridinar dan Agus Muhar dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Pemenang III: Hengky Herdianto dan Yulianto Laksono Putra dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya

* PPRI ke-9 bidang Ilmu Pengetahuan Teknik

Pemenang I: Humaira dan Irahayu Sudarwati dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Pemenang II: Nia Kurnia Sari dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (UB)

Pemenang III: Eko Wahyuning Pamungkas, Annas Muzzaki Syarif dan Moh. Fadhli Abdillah dari Fakultas Teknologi Industri Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN)(fmh)

okezone.com, 24 November 2010

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1290645624&1&2010&

One Response to Ini Dia Calon Peneliti Masa Depan RI

  1. […] Ini Dia Calon Peneliti Masa Depan RI « Budi Nugroho […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: