15 Finalis Bersaing di Kompetisi Ilmiah LIPI


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke 42 bagi remaja berusia 12 – 19 tahun dan Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke -9 bagi peserta 20 – 24 tahun. Sedikitnya telah terjaring 15 finalis dari tiga mata bidang lomba yakni Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), serta Ilmu Teknik dan Rekayasa.

Kepala LIPI Lukman Hakim mengatakan behwa LIPI sejak tahun 1969 telah menyelenggarakan LKIR dalam rangka pembinaan remaja sejak dini untuk peningkatan penguasaan dan pemanfaatan IPTEK. Remaja Indonesia, kata dia, diharapkan mampu berperan aktif dalam berinovasi dan berinvensi.

“Topik permasalahan yang dijadikan objek penelitian terutama berhubungan dengan bidang kesehatan, pertanian, pangan yang memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal,” katanya kepada wartawan, Senin (22/11/10).

Kepala Bagian Penelitian Karya Ilmiah LIPI, Krisbiwati menuturkan, pada penyelenggaraan kali ini ada perbedaan penilaian. Kali ini peserta mengajukan proposal kepada dewan juri untuk kemudian dinilai dan dibimbing. Sedangkan sebelumnya, dewan juri hanya menilai karya siswa yang sudah ada.

“Dari 622 proposal yang kami baca, hanya 24 saja yang dimbimbing. Kemudian terpilih 15 tim yang masuk dalam final,” ujar Kris.

Krisbiwati berharap, kedepan tersedia wadah bagi para peneliti muda ini agar mampu menciptakan karya yang berguna. Perkembangan minat siswa di bidang pengetahuan nantinya akan mengalami peningkatan.

“Saat ini hanya 14 persen remaja yang ingin menjadi ilmuwan, dan hanya 9 persen yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, empat tahun ke depan minat mereka akan berkembang mencapai 77 persen,” bebernya.(fmh)

Okezone, 22 November 2010

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1290429393&1&2010&

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: