LIPI: Tsunami Mentawai Di Luar Prediksi


Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indoensia (LIPI), Danny Hilman menilai gempa berkekuatan 7,2 skala Richter yang menggoyang Mentawai, Sumatera Barat, pada 25 Oktober lalu dan disusul gelombang tsunami di luar prediksi.

Gempa tersebut memiliki hentakan yang pelan sehingga mengakibatkan gelombang tsunami tidak terbaca.

“Kalau gempa bisa itu hentakannya keras tapi gerakannya lebih pendek, tapi karena pelan gelombang tsunami tidak terbaca. Ternyata sangat besar,” ujar Danny, saat jumpa pers di kantor UKP4, Jakarta, Jumat (19/11/2010).

Menurut Danny, Tsunami yang menghantam Mentawai datangnya perlahan. Padahal pada penelitian sebelumnya, sudah diperkirakan akan adanya potensi tsunami yang terjadi dalam perkiraan gempa 8,9 skala richter di Mentawai.

Warga Padang, Mentawai, dan pesisir barat Sumatera Barat diingatkan bersiap menghadapi gempa Megathrust di Pulau Siberut Mentawai dengan kekuatan yang mencapai 8,9 skala Richter dan dapat menimbukan tsunami saat itu.

“Namun, sumber gempa tadi berada di bawah Siberut-Sipora-Pagai Utara,” jelasnya.

Lebih jauh lagi Danny mengatakan, masyarakat mengaku kaget dengan adanya gelombang ombak besar dengan suara gemuruh seperti mesin jet yang dtaang secara tiba-tiba.

“Mereka banyak yang bingung. Ketika itu baru penduduk melarikan diri ke bukit, tetapi ternyata diantara mereka banyak yang terlambat. Tapi, cukup banyak juga penduduk yang berhasil melarikan diri ke bukit,” tandasnya.

Selain itu, kebanyakan dari penduduk yang tidak selamat juga disebabkan terhalangnya akses jalan menuju bukit karena sungai di salah satu wilayah daerah Kepulauan Mentawai.

TRIBUNNEWS.COM, 19 November 2010

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1290176558&&2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: