Tim Peneliti Jepang: Gelombang Tsunami di Mentawai Capai Ketinggian 5 Meter


Tim peneliti Jepang yang mulai mengamati gempa di Kepulauan Mentawai sejak awal bulan November silam, menyatakan gelombang tsunami yang dihasilkan mencapai ketinggian 4-5 meter.

Japan Science and Technology Agency (JST), Japan International Cooperation Agency (JICA), Badan Nasional Penanggulangan Bencana bekerjasama dengan para peneliti Jepang, seperti Profesor Universitas Tokyo Satake Toshiharu, peneliti

Sugimoto Megumi, Koresawa Yuu dari Pusat Pengendalian Bencana Asia, Nishimura Hirokazu dari Pusat Penelitian Gempa dan Gunung Berapi Universitas Hokkaido, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Para peneliti memeriksa kondisi kerusakan pohon di lokasi bencana yang paling banyak merengggut korban jiwa, seperti Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan untuk mengukur ketinggian tsunami.

Pusat gempa berasal dari kedalaman 10 kilometer dengan lokasi episentrum berjarak 78 kilometer di barat daya Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai.

Tim peneliti menyatakan, sekitar 15 menit setelah terjadi gempa, gelombang tsunami menghatam kedua pulau ini sampai kejauhan 500 meter dari tepi pantai.

Sebelumnya pada akhir tahun 2004, gempa di Sumatera menyebabkan gelombang tsunami setinggi 34,5 meter. Sementara gempa yang menerjang Cilacap, Jawa Tengah pada tahun 2006 silam, menghasilkan gelombang tsunami setinggi 10 meter.

Profesor Satake Kamis (11/11) menyatakan, tsunami berskala sekitar 7 SR ini, berbeda dengan tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 silam, skala gempanya lebih kecil. Namun guncangannya yang perlahan dapat menyebabkan terjadinya gelombang tsunami yang besar hingga mencapai ketinggian 5 meter.

“Sudah lama tidak terjadi guncangan di wilayah sekitar Selat Sunda yang berpotensi mengalami gempa, sehingga ada kemungkinan untuk terjadi gempa besar, seperti pada gempa di Padang,” tambah Satake. (Yuki/JS)

Nusantara News, 16 November 2010

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1289952605&&2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: