Aquamarine Fukushima dan LIPI Berhasil Temukan 2 Ikan Coelacanth di Pulau Biak


Aquamarine Fukushima bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kamis (11/11) berhasil menemukan dua ikan Coelacanth (Shiirakan) setelah melakukan ekspedisi di laut bagian tenggara Pulau Biak, Papua.

Dua fosil hidup Coelacanth, berhasil ditangkap dan diabadikan oleh kamera bawah laut atau Remotely operated Vehicle (ROV), sejauh beberapa ratus meter dari pesisir Pulau Biak.

Tim peneliti Aquamarine Fukushima yang terdiri dari Iwata Masamitsu, Yamauchi Shinya, dan Abe Yoshitaka, bersama Kasim Moosa sebagai perwakilan dri LIPI, menggunakan 7-8 kapal pesiar, dan membawa kamera ROV yang dibiayai Aquamarine Fukushima untuk melaksanakan ekspedisi ini.

Ekspedisi yang dilakukan sejak 6 November silam ini, dilaksanakan di Pulau Biak yang terpisah sekitar 1,700 kilometer ke arah timur dari Pulau Sulawesi.

Coelacanth di Indonesia diperkirakan hidup di wilayah Micronesia di sebelah selatan Samudera Pasifik, termasuk laut sekitar Pulau Sulawesi dan Papua.

Sebelumnya, ekspedisi yang dilaksanakan pada Mei 2006 silam, berhasil menemukan Coelacanth di laut sekitar laut Sulawesi untuk pertama kali. Kemudian kembali melakukan penelitian lanjutan di laut Manado, Sulawesi Utara dan kepulauan Bangka, serta tercatat sekitar 19 sosok Coelacanth telah ditemukan di wilayah ini.

Kali ini, tim peneliti menemukan 2 Coelacanth sepanjang lebih dari 1 meter, yang ditemukan di dalam lubang batu, pada kedalaman sekitar 210 meter.

Iwata menyatakan, “Saya senang bisa menemukan fosil hidup Coelacanth dengan melakukan kerjasama bersama Kasim dan Abe.”

Ekspedisi ini akan dilakukan di Pulau Biak sampai 21 November mendatang, dan rencananya mereka akan melakukan penelitian lanjutan di Sulawesi Utara sampai dengan akhir tahun 2010. (Yuki/JS)

Nusantara News, 16 November 2010

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1289952283&&2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: