IPTEK TALK : Teknologi Plasma Penghasil Air Ber-Ozon


Sekarang ini banyak sekali kita jumpai adanya air kemasan yang mengandung ozon. Air berozon memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan antara lain untuk membunuh kuman dan bakteri dalam air. Selain itu ozon juga akan mengawaetkan rasa air untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Untuk membuat air memiliki kandungan ozon dibutuhkan suatu teknologi. Untuk itu Iptek Talk pada Minggu, 31 Oktober 2010, pukul 18.30 – 19.00 di TVRI mengangkat tema ”Teknologi Plasma Penghasil Air Ber-Ozon” dengan narasumber Dr. Anto Tri Sugiharto,M.Eng, Peneliti pada Pusat KIM LIPI dan Ricky Hikmawan, Direktur PT. Pasadena Engineering Indonesia.

Teknologi plasma merupakan sebuah teknologi yang alami, yang sebenarnya sudah sering kita jumpai di alam. Salah satu contohnya pada saat musim penghujan sering terjadi petir, petir tersebut merupakan teknologi plasma yang ada di alam. Dengan menggunakan petir tersebut kita dapat menstrerilisasi atau memurnikan air, sehingga air tersebut bisa menjadi lebih baik. Salah satunya yang telah di kembangkan Anto dari KIM LIPI adalah menggunakan petir untuk memasukkan ozon kedalam air. Sehingga air tersebut menjadi air berozon yang baik untuk kesehatan dan juga baik untuk dipergunakan pada aplikasi yang lainnya, seperti untuk medapatkan air bersih.

Salah satu yang menjadi latar belakang Anto untuk meneliti tentang teknologi plasma untuk membuat air berozon antara lain masalah lingkungan yang ada disekitar kita terutama masalah kebutuhan air bersih. Dari penelitian yang dilakukan anto dihasilkan sebuah teknologi yang terbarukan yang sangat efektif dan efisien untuk bisa menghasilkan air bersih baik itu berasal dari air limbah industri maupun dari air sungai yang memang tercemar. Air berozon ini selain diaplikasikan untuk mendapatkan air bersih juga bisa diaplikasikan untuk dunia kesehatan pada proses sterilisasi dalam rangka membunuh bakteri ataupun virus, pertanian untuk pengawetan sayur-sayuran, buah-buahan serta produk hasil pertanian. Selain itu juga bisa digunakan untuk industri pangan untuk proses sterilisasi. Di dunia kesehatan sering kita mendengar istilah cuci darah, sekarang ini untuk cuci darah bisa menggunakan ozon. Teknologi plasma ini sendiri sudah mulai dipelajari dan dikembangkan oleh Anto sejak tahun 1998, jadi kurang lebih sudah 12 tahun.

Apa yang telah dihasilkan oleh Anto ternyata membuat Ricky seorang direktur perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang water treatment pada industri tertarik untuk memanfaatkannya. Saat ini untuk mendapatkan air tanah untuk proses industri membutuhkan biaya yang sangat mahal. Dengan menggunakan teknologi plasma yang sudah dihasilkan oleh Anto, maka industri bisa menggunakan kembali air yang sudah dipakai atau bisa dikatakan industri dapat menggunakan air berulang-ulang untuk prosesnya dengan memanfaatkan air limbah yang sudah disterilisasi menggunakan teknologi plasma. Teknologi yang dihasilkan oleh Anto merupakan teknologi baru yang tidak menggunakan bahan kimia, tidak seperti teknologi water treatment yang sudah ada. Jadi bisa dikatakan teknologi plasma penghasil air berozon ini merupakan teknologi yang ramah lingkungan.

Tetap saksikan Iptek Talk di TVRI setiap hari Sabtu-Minggu Pkl. 18.30-19.00 WIB. Cintailah terus ilmu pengetahuan dan teknologi, dan jangan pernah membayangkan hidup tanpa iptek😉 (gs.dw-dpipt).

Sumber: http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1288824620&&2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: