Sistem heterogen versus sistem homogen


Sistem yang homogen (hardware sama, sistem operasi sama, semua sama) menguntungkan dalam hal kemudahan pengelolaan. Namun apabila terjadi masalah (misalnya terkena virus, ada celah keamanan), maka semua sistem mengalami masalah yang sama. Di sisi lain sistem yang heterogen (berbeda harware, OS, aplikasi) lebih tahan terhadap masalah, tetapi menyulitkan dalam pengelolaan.

Uraikan dengan lebih rinci lagi pro dan kontra sistem homogen dan heterogen. Kemudian, berikan opini Anda tentang sebuah kasus dimana Anda harus memilih apakah homogen atau heterogen. Kecenderungan mana yang Anda ambil?

Nama : Budi Nugroho
NIM : 23509128
Tugas/Mata Kuliah : Keamanan Informasi Lanjut
Dosen : Dr. Ir. Budi Rahardjo

Sistem heterogen versus sistem homogen

Sistem komputer anda heterogen atau homogen? Pro kontra mengenai sistem heterogen dan homogen dapat diringkas sebagai berikut:
• Dalam beberapa hal, sistem heterogen dianggap mampu menghadirkan penyelesaian permasalahan teknologi informasi yang lebih efisien.
• Sistem heterogen mampu menyediakan daya dukung perangkat keras yang terbaik bagi pengembangan aplikasi tertentu.
• Pada hakikatnya, sistem heterogen untuk pemrograman tidak lebih sulit dari sistem homogen.
• Tool-tool untuk sistem homogen yang dibangun dari sistem komputer server dan desktop yang populer dianggap lebih baik dari tool-tool yang dibangun dari sistem yang beragam. Hal ini menjadikan sistem homogen lebih mudah diprogram.

Dalam pengembangan sistem komputer baik dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras, terdapat asumsi bahwa sedikit sekali suatu sistem akan mempunyai bentuk tetap untuk lebih dari periode waktu yang singkat. Pemahaman periode waktu yang singkat berbeda-beda bergantung kepada spesifikasi tiap sistem. Artinya suatu sistem akan selalu berubah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Hal ini merupakan efek samping dari kenyataan bahwa pengembangan perangkat lunak, dalam banyak kasus, digunakan sebagai pendukung dalam layanan unit bisnis. Seiring dengan kebutuhan pengembangan bisnis (mis. fitur tambahan, produk baru, dll), pengembangan sistem komputer harus mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan tersebut dan menyediakan sistem berbasis solusi terhadap apapun permasalahan yang dihadapi. Jika sebagian besar bisnis dapat diidentidikasi mempunyai karakteristik tersebut, maka kami percaya bahwa sistem komputer heterogen memegang peranan lebih signifikan dibandingkan sistem komputer homogen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: