Mengapa memilih Program Pendidikan Magister CIO STEI-ITB


Alasan

Masyarakat abad 21 dikenal sebagai masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge based society) dimana intangible resources, sumber daya manusia dan modal sosial (social capital) menjadi aset yang sangat penting, dengan  ilmu pengetahuan (knowledge) dan kreativitas sebagai faktor kunci. Berkaca pada negara-negara anggota The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dengan tingkat literasi yang tinggi, terbukti bahwa negara-negara yang berhasil menguasai ekonomi dunia adalah negara yang menerapkan konsep ekonomi berbasis ilmu pengetahuan (knowledge based economy). Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia perlu berupaya untuk menjadi masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan dan mengembangkan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan.

Dalam rangka menjawab tantangan perkembangan ICT yang pesat, kebutuhan informasi yang dinamis, Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) mempunyai peran sentral dalam penyediaan fasilitas yang nyaman, pendokumentasian hasil-hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan seluruh Indonesia, pengembangan produk ilmiah (scientific product) yang inovatif dan pelayanan informasi untuk knowledge workers yaitu pekerja yang membutuhkan ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Jabatan Chief Information Officer (CIO) dalam suatu organisasi baik perusahaan, pemerintahan ataupun lembaga nirlaba, mempunyai peran sebagai pemimpin dalam penyediaan informasi bagi kelangsungan hidup organisasi untuk mencapai tujuannya. Peranan CIO semakin penting di era informasi yang menempatkan kemampuan dalam memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)sebagai pilar eksistensi organisasi.

Kemampuan memberdayakan TIK di organisasi menjadi faktor kunci dalam mencapai keunggulan organisasi. Meskipun demikian, penerapan TIK  di lingkungan organisasi masih belum sesuai harapan, bahkan mengalami kegagalan. Kegagalan penerapan TIK pada umumnya disebabkan oleh persepsi terhadap TIK belum sesuai dengan peran dan potensinya. Peran TIK masih dianggap sebagai support, belum sebagai enabler, sehingga model penerapan, inovasi dan investasi TIK belum dapat dicapai secara optimal. Agar TIK dapat diberdayakan untuk meningkatkan daya saing atau kualitas pelayanan publik, diperlukan cara pandang TIK sebagai enabler dalam proses transformasi pemerintahan atau perusahaan. Proses transformasi ini memerlukan seorang innovator yang bisa mengintegrasikan antara visi organisasi dengan kemampuan sumberdaya informasi dan sumber daya lainnya. Disinilah dibutuhkan peran seorang CIO (Chief Information Officer) untuk memimpin suatu transformasi tersebut diatas berbasiskan pengelolaan informasi secara efektif.

Harapan

Dengan mengikuti program ini saya berharap mampu menjadi pemimpin yang mampu mengelola teknologi informasi sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi PDII – LIPI; dan mampu menjembatani antara pihak manajemen/eksekutif/bisnis dengan Teknologi Informasi.

Rencana Pendidikan

Sebagai mahasiswa Program Pendidikan Magister CIO, saya akan mendapatkan fondasi yang kuat tentang Teknologi Informasi, manajemen teknologi informasi dan keahlian kepemimpinan/manajemen yang dibutuhkan oleh pimpinan teknologi informasi tingkat menengah ke atas.

Pelaksanaan program ini berlangsung selama 3 semester (18 bulan) dengan beban 36 SKS. Rencana penelitian untuk penyusunan tesis Magister CIO adalah diseminasi dan evaluasi penerapan TIK dari perspektif interdisilipner. Dalam penelitian ini, akan dilakukan pendekatan interdisipliner pada interrelasi aspek inovasi sosioekonomi dari TIK dengan lembaga sosial dan kebijakan yang berlaku.

Rencana Pekerjaan dan Profesi di Masa Mendatang

PDII-LIPI memiliki beberapa kegiatan dan memiliki berbagai bidang, salah satunya adalah bidang informasi. Kegiatan bidang informasi bersinggungan langsung dengan pengguna karena memberikan pelayanan informasi ilmiah berupa pelayanan perpustakaan, penelusuran informasi dan pengemasan informasi.

Kemas ulang informasi merupakan suatu kegiatan yang dimulai dari menentukan topik, menyeleksi berbagai informasi dari berbagai sumber informasi, mendata informasi yang relevan, menganalisis, mensintesa, dan menyajikan informasi sesuai dengan kebutuhan pemakai. Informasi perlu dikemas ulang agar dapat secara langsung dimanfaatkan oleh pengguna  informasi tanpa harus mengumpulkan, memilih atau mengolah terlebih dahulu. Setelah informasi dikemas ulang, hal yang tidak kalah penting adalah penyebaran atau diseminasi informasi serta pemasarannya.

Subbidang Jasa Kemasan Informasi merupakan salah satu unit struktural terendah pada PDII LIPI. Subbidang ini mempunyai tugas melakukan urusan pelayanan, pengemasan informasi ilmiah, menyiapkan rencana penerbitan dalam bentuk cetak maupun digital, serta melakukan pengembangan dan pengelolaan.

Dalam rangka melaksanakan tugas pokoknya, sebagai Kepala Subbidang Jasa Kemasan Informasi, saya mempunyai uraian tugas di antaranya sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan subbidang jasa kemasan informasi.
  2. Mengembangkan dan mengelola tugas, sarana dan prasarana subbidang jasa kemasan informasi.
  3. Merencanakan dan mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan kemasan informasi.

Berdasarkan uraian di atas, keberhasilan saya dalam Program Pendidikan Magister CIO di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – Institut Teknologi Bandung (STEI – ITB) akan sangat menunjang pengembangan pekerjaan dan profesi saya di Subbidang Jasa Kemasan Informasi PDII-LIPI.

One Response to Mengapa memilih Program Pendidikan Magister CIO STEI-ITB

  1. harga emas says:

    harga emas hari ini…

    […]Mengapa memilih Program Pendidikan Magister CIO STEI-ITB « Budi Nugroho | Islam, Artikel, Tata Kelola TI, Knowledge Management, Perpustakaan, Riset, Beasiswa, Call for Papers, Catatan[…]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: