Kimiawan: Perlu sumber informasi paten


Pustaka paten merupakan sumber informasi utama yang berbeda dari sumber yang lain (artikel majalah, laporan penelitian, buku ataupun disertasi), dan karena itu memerlukan pembahasan tersendiri.

Seorang kimiawan yang terlibat dalam pengembangan karya industri dan/atau teknologi, hendaknya menggunakan pustaka paten sebagai bagian penting dari kegiatan kesiagaan informasi. Pustaka paten terbaru tidak hanya memberikan informasi kemajuan teknologi tetapi juga kemajuan ilmu kimia secara umum. Di samping itu, paten menghasilkan pula data berharga mengenai minat penelitian jangka pendek dan jangka panjang dari para pemegang paten (perusahaan dan/atau penemu).

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi, untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikannya kepada pihak lain untuk melaksanakan invensi tersebut. Terdapat pula paten sederhana yang merupakan hak ekslusif yang diberikan negara kepada penemu (inventor) atas penemuan (invensi) berupa proses atau hasil produksi atau penyempurnaan dan pengembangan proses atau hasil produksi.

Paten dapat diberikan untuk invensi yang :

  • Baru, jika pada saat pengajuan permohonan paten invensi tersebut tidak sama dengan teknologi yang diungkapkan sebelumnya.
  • Mengandung langkah inventif, jika invensi tersebut merupakan hal yang tidak dapat diduga sebelumnya bagi seseorang yang mempunyai keahlian tertentu di bidang teknik.
  • Dapat diterapkan dalam industri, jika invensi tersebut dapat diproduksi atau dapat digunakan dalam berbagai jenis industri.

Paten tidak dapat diberikan untuk invensi tentang :

  • Proses atau hasil produksi yang pengumuman, penggunaan atau pelaksanaannya bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, ketertiban umum, atau kesusilaan.
  • Metode pemeriksaan, perawatan, pengobatan dan pembedahan yang diterapkan terhadap manusia atau hewan, tetapi tidak menjangkau produk apapun yang digunakan atau berkaitan dengan metode tersebut.
  • Teori dan metode di bidang ilmu pengetahuan dan matematika.
  • Semua makhluk hidup (kecuali jasad renik)
  • Proses biologis yang esensial untuk memproduksi tanaman atau hewan (kecuali proses non-biologis atau proses mikrobiologis).

Informasi mengenai perkembangan baru dalam klasifikasi dan penelusuran paten dapat diperoleh dengan mudah dari internet. Dalam bagian ini akan dipaparkan mengenai sumber-sumber informasi paten yang dapat diakses secara online melalui jaringan internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: