Operasi citra pelayanan Polantas?


Belakangan ini saya memperhatikan banyak sekali spanduk-spanduk dari kepolisian yang bertemakan “Operasi Citra Pelayanan Polantas”. Cukup menarik karena jumlahnya yang lumayan banyak dan tersebar di sudut-sudut strategis wilayah ibukota.

Kira-kira apa ya maknanya?

Selama ini memang saya merasakan bila berurusan dengan Polantas itu sangat tidak nyaman. Konotasinya pasti tidak jauh dari “minta duit”. Saya kira citra seperti ini bukan merupakan citra yang diinginkan oleh kepolisian sendiri maupun masyarakat. Kita menginginkan kepolisian khususnya Polantas sebagai aparat yang simpatik dan jauh dari urusan “minta duit.

Nah, dalam konteks ini saya sangat menghargai upaya dari pihak kepolisian untuk menggelar “Operasi Citra Pelayanan Polantas”. Harapan saya mudah-mudahan citra Polantas membaik dan semakin positif.

Berikut saya kutipkan salah satu berita mengenai “Operasi Citra Pelayanan Polantas”.

Sumber: http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NDA0OTg=

Polisi Gelar Operasi Citra Pelayanan Polantas

JAKARTA–MI: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dalam upaya membenahi diri dan memberikan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin, mulai 3 hingga 12 November 2008 akan menggelar operasi bersandi Citra Pelayanan Polisi Lalu Lintas (Polantas) 2008.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Condro Kirono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/10) mengemukakan, operasi ini disasarkan pada semua lini pelayanan yang terkait dengan polisi lalu lintas, baik dilapangan maupun administrasi.

Antara lain Sub Direktorat Administrasi Registrasi dan Identifikasi, Sub direktorat penegakan Hukum baik proses-proses penilangan maupun pelayanan kecelakaan.

Selain itu, satuan Polisi Jalan Raya (PJR),Sat Patwal serta Sub Direktorat dikyasa untuk mensosialisasikan program – program operasi citra pelayanan polisi juga menjadi sasaran pelaksanaan operasi itu, termasuk tempat – tempat Pelayanan diantaranya Satpas sim dan UKP (unit ketrampilan pelayanan pengemudi), pelyanan STNK, pelayanan BPKB, pelayanan tilang, pelayanan laka – lantas, pelayanan Patroli.

“Khususnya pelayanan SIM, STNK dan BPKB memang berubahnya sudah sangat drastis, yakni memberikan suasanan kenyamanan, kecepatan. masyarakat juga bisa langsung memberikan apresiasi puas ataupun tidak puas,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Condro Kirono.

Condro menngatakan, upaya pembenahan juga dilakukan dalam pelayanan tilang dan pelayanan kecelakaan lau lintas serta pelayanan pengaturan kegiatan Patroli. “Diharapakan anggota lebih simpatik dan tidak arogan dan tidak sok-sok-an, tidak sewenang – wenang dilapangan. Pokoknya tidak meninggalkan prosedur yang berlaku. Contohnya kalau SIM ya tetap memenuhi proses teori

maupun praktek karena pelayanan disini menyangkut kualitas pengemudi,” jelas Condro.

Diharapkan proses – proses pelayanan disetiap unit adalah masing – masing, sehingga nanti akan terlihat apakah setiap unit tersebut bisa menampilkan inovasi – inovasi pelayanan. Misalnya, jika petugas itu jeli dan teliti melihat perkumpulan orang banyak seperti di masjid – masjid bisa mendorong SIM kelilingnya ditempat tersebut.

“Lokasi atau ruangan pelayanan harus bersih. menyediakan akses untuk komplain masyarakat. nanti dilokasi – lokasi pelayanan tersebut akan dipasang spanduk spanduk,” jelas Condro.

Sementara itu untuk wilayah operasi meliputi, semua obyek – obyek pelayanan pada satuan kewilayahan. kekuatan yang dilibatkan semua Polisi lalu lintas ditambah kekuatan pendukung dari Bidang Provesi dan engamanan baik provos maupun unit investigasi yang ada di polres – polres, juga termasuk bidang Hubungan Masyarakat. (Ant/OL-03)

One Response to Operasi citra pelayanan Polantas?

  1. wahyu says:

    saya pernah baca di http://www.tamanlalulintas.blogspot.com mengenai Citra Pelayanan Polantas. Ternyata isinya sebuah publisitas yang menurut saya sangat luar biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: