Kimia Informatika


Jumlah data/informasi di dunia kimia ini benar-benar luar biasa. Dari data Chemical Abstract Service, diperkirakan setiap tahunnya 700.000 senyawa baru dicatat dalam databasenya.

Sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia dari setiap senyawa baru setiap tahunnya terus dicatat dalam databasenya.

Data2 kimia yg terus bertambah banyak ini akan menyulitkan para kimiawan dan riset-sifat di bidang kimia jika tidak diorganisir secara rapi dan sistematis.

Oleh karena itu diperlukanlah `Chemical Informatis` yang menyajikan dan menyediakan `peralatan dan perlengkapan` bagi para ilmuwan kimia untuk membandingkan, mengorganisir, mengevaluasi dan menghasilkan senyawa/riset-sifat kimia dengan lebih mudah.

Chemical informatics companies mengkombinasikan simulasi molekular dan tehnik analisis data dengan visualisasi grafik kualitas tingkat tinggi sehingga dapat diperoleh hasil yg atraktif dan lebih baik.

Chemical informatics membantu para kimiawan untuk menginvestigasi masalah baru, mengorganisir dan menganalisa data scientific untuk mengembangkan `novel compound`, material dan proses melalui aplikasi teknologi informasi.

Kurikulum di Universitas yg menekuni bidang `Master of Science in Chemical Informatics` mengajarkan bidang-bidang berikut ditinjau dari aspek chemical informatics:

  1. Information acquisition: metoda yg digunakan untuk mengembangkan dan mengkoleksi data secara empiris (experiment) atau dari teori (molecular simulation).
  2. Information management: penyimpanan dan pencarian.
  3. Information use: data analisis, korelasi, dan aplikasi untuk masalah `the chemical and biochemical sciences`.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: