Catatan mengikuti lokakarya penyusunan GBIM dan JM di Pustekkom


Saya berkesempatan mengikuti Lokakarya Penyusunan GBIM (Garis Besar Isi Media) dan JM (Jabaran Materi) Multimedia Interaktif, hari Kamis-Jumat tanggal 12013 April 2007 di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional, Jalan Cenderawasih Ciputat Km 15,5 Jakarta.

Pustekkom Depdiknas merupakan lembaga dalam bidang pendidikan yang salah satu tugasnya mengembangkan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Salah satu penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan yang saat ini sedang dikembangkan Pustekkom adalah pengembangan media pembelajaran berbasis komputer yang dikenal dengan multimedia interaktif.

Pada awal-awal pengembangannya, sistem pembelajaran ini disebut CAI (Computer Assisted Instruction). Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang mampu mengintegrasikan berbagai media dalam satu paket program pembelajaran yang utuh berbasis komputer interaktif. Sistem pembelajaran ini kemudian disebut Program Multimedia Interaktif. Sekalipun pada esensinya CAI dan Multimedia sama, akan tetapi multimedia interaktif lebih kompleks dalam pemanfaatan media yang beragam seperti teks, gambar, animasi, audio dan video yang terintegrasi dalam satu kesatuan paket program pembelajaran dan dapat digunakan siswa secara interaktif.

Oleh karena itu untuk mewujudkan dan memanfaatkan berbagai kelebihan dari multimedia tersebut, maka dalam kurun waktu 9 tahun Pustekkom telah mengembangkan program multimedia pembelajaran interaktif (pembelajaran berbasis komputer). Selama kurun waktu tersebut program multimedia interaktif yang telah dikembangakan Pustekkom telah mencapai berbagai kemajuan dan untuk sebagian program telah dimanfaatkan di sekolah-sekolah. Walaupun demikian sampai saat ini Pustekkom masih terus mengupayakan berbagai penyempurnaan program agar lebih efektif dalam pemanfaatannya.

Untuk mengembangkan multimedia interaktif ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui, antara lain penyusunan garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM) sebelum menginjak pada penulisan naskah peta konsep (flowchart). Selanjutnya disusunlah naskah denngan mengikuti GBIM, JM dan flowchart. Berdasarkan hal tersebut, Pustekkom mengadakan kegiatan sebagai tahap awal dalam pengembangan naskah multimedia interaktif, yaitu Lokakarya Penyusunan garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM) Multmedia Interaktif untuk jenjang pendidikan SMA.

5 Responses to Catatan mengikuti lokakarya penyusunan GBIM dan JM di Pustekkom

  1. Turahman says:

    Mohon info tentang ICT.

  2. Aam says:

    Ada dokumen2 tentang ICT versi bhs.Inggris gak ?

  3. yudi says:

    ada pelatihan broadcas untuk tv edu yang di daerah

  4. suyanto says:

    Setelah mengikuti program penyusunan GBIM dan JM di PUSTEKKOM, saya banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang berharga.
    Terima kasih.

  5. siti says:

    kalo boleh tau format GBIM dan JM yang dilekuarkan pustekkom seperti apa?terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: