Merancang blog Bengkel Menulis PDII LIPI


Berawal dari upaya menumbuhkan kebiasaan menulis di lingkungan karyawan PDII LIPI, kelompok fungsional menyelenggarakan Pelatihan Bengkel Kerja Menulis, Desember 2006 yang lalu.

Pelatihan yang diikuti oleh perwakilan bidang-bidang tersebut mendapat respon positif  dari para peserta. Sebagai tindak lanjut pelatihan maka diselenggarakanlah pertemuan rutin untuk berbagi pengetahuan dalam hal menulis. Salah satu kesepakatan yang dicapai adalah menjadikan sarana blog untuk melatih kemampuan menulis para peseta.

Merancang blog untuk kegiatan tersebut ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Kemampuan saya yang terbatas akan teknologi informasi membuat saya kesulitan dalam merancang blog tersebut. Dengan menggunakan program CMS Mambo, saya mencoba membuat blog yang sederhana. Blog tersebut disimpan di server intranet PDII LIPI dan dapat diakses pada alamat http://intra.pdii.lipi.go.id/bm/.

3 Responses to Merancang blog Bengkel Menulis PDII LIPI

  1. budi sadikin says:

    Pa Budi (hehehe namanya sama) saya sedang googling tentang “teknik penelusuran informasi” kemudian mendapatkan web bapa ini. saya tertarik dengan cuplikannya sbb “Makalah ini membahas tentang teknik dan strategi penelusuran informasi dari … Selain itu, PDII – LIPI juga menyediakan CD ROM pangkalan data yang memuat …”

    sayangnya saya telah bolak balik klik sana dan klik sini tapi tidak menemukan tulisan atau makalah yang saya cari tersebut. saya minta tolong, barangkali bisa bapa tunjukan kemana saya harus mencarinya?

    terimakasih

  2. Budi Nugroho says:

    #pak budi sadikin: terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. memang benar pdii lipi menyediakan cd rom pangkalan data yang isinya adalah katalog perpustakaan pdii lipi. saat ini cantumannya telah mencapai hampir 400 ribu data bibliografi. cd rom ini sebenarnya sama dengan kalatog online pdii lipi yang bisa diakses dari internet melalui link OPAC situs http://www.pdii.lipi.go.id/. jadi cd rom merupkan versi offline dari katalog tersebut. apabila bapak berminta memiliki cd rom tersebut dapat menghubungi bidang informasi pdii lipi di jalan jendral gatot subroto 10 jakarta. atau manfaatkan layanan online di situs pdii lipi. demikian, semoga bermanfaat.
    salam

  3. Ferannelymn says:

    Drop in on us now to buy more knowledge and facts regarding By us now to come by more facts and facts anyway

Leave a Reply

