Menjelajahi ilmu kimia di internet


Menjelajahi ilmu kimia di internet

oleh : Budi Nugroho*)

*)Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Perubahan dan perkembangan informasi kimia terjadi dengan amat cepat. Berbagai sumber informasi yang sebelumnya banyak digunakan orang pada saat ini telah digantikan oleh sumber lain. Keterampilan menelusuri informasi kimia sangat diperlukan oleh orang-orang yang lingkup pekerjaannya berada di bidang kimia, baik dari kalangan industri, akademisi, maupun masyarakat pada umumnya. Mereka harus dapat mengikuti arah perkembangan mutakhir bidang kimia.

Dalam rentang 10 ā€“ 15 tahun terakhir kita menyaksikan perubahan dan perkembangan informasi kimia yang dahsyat, terutama akibat kemajuan teknologi informasi dalam hal teknik penanganan dan pemrosesan informasi kimia. Penyelenggara pendidikan tinggi pun menyambut perkembangan ini dengan memasukkan kuliah pustaka kimia bagi para mahasiswanya dalam kurikulum yang wajib diambil.

Para ilmuwan dari berbagai cabang keilmuan memerlukan komunikasi yang lebih baik di antara mereka agar dapat mengikuti perkembangan terakhir di bidang penelitian mereka. Mereka melakukannya dalam pertemuan-pertemuan ilmiah dan juga berkorespondensi secara intensif.

Sarana yang sering digunakan oleh para ilmuwan adalah pustaka primer. Permasalahan yang muncul adalah berlimpahnya terbitan pustaka primer tiap tahunnya yang menyebabkan para ilmuwan sulit mengikutinya. Bayangkan, setiap tahun terdapat lebih dari 400.000 makalah dan 100.000 paten yang diterbitkan!

Penguasaan informasi perkembangan penelitian kimia terbaru mutlak diperlukan oleh para peneliti sehingga dapat mengikuti perkembangan dan arah perkembangan baru di bidangnya. Hal itu bisa dilakukan jika mereka mengikuti pustaka-pustaka baru yang diterbitkan. Bagaimana hal ini dapat dilakukan ? Seorang kimiawan tentu saja tidak akan mampu membaca banyak majalah kimia yang diterbitkan pada saat yang sama. Majalah yang dibaca oleh seorang kimiawan rata-rata sedikit, mungkin hanya sekitar 10 ā€“ 15 majalah saja. Sebagian besar majalah hanya meliput topik-topik khusus sehingga para kimiawan dapat membatasi jumlah majalah yang diminatinya. Informasi mengenai perkembangan terbaru penelitian kimia dapat pula dicari dalam pustaka sekunder (indeks makalah, kumpulan abstrak, atau lembar informasi) yang merujuk kepada pustaka asal dari topik-topik diminati.

Selama lebih dari 200 tahun hasil-hasil penelitian dilaporkan dalam pustaka keilmuan antara lain majalah, tesis, laporan badan nasional dan internasional, risalah pertemuan nasional dan internasional, permohonan paten dan sebagainya. Informasi-informasi mengenai sifat-sifat fisika dan kimia suatu senyawa dan cara pembuatan mungkin masih digunakan oleh para kimiawan saat ini meskipun data itu telah dilaporkan pada tahun-tahun yang lalu. Dengan adanya sistem penyimpanan yang baik maka informasi tersebut dapat dicari dengan mudah.

Penggunaan pustaka kimia dan sumber informasi lain yang tersedia dengan benar memerlukan upaya dan ketekunan yang luar biasa dari para kimiawan itu sendiri. Namun hal ini akan memberikan manfaat besar pada berbagai penelitian yang akan mereka lakukan.

Para saintis dan peneliti merupakan penerima manfaat terbesar dari kemajuan teknologi informasi saat ini. Internet memungkinkan mereka saling bertukar informasi tanpa hambatan jarak dan waktu. Para peneliti selalu dapat mengikuti trend baru bidang penelitian mereka karena informasi dari internet sangat cepat dan luas yang pada akhirnya sangat berguna untuk mempercepat kemajuan penelitian mereka.

Salah satu kata kunci dari teknologi informasi adalah pangkalan data atau pusat dokumentasi dan informasi. Negara-negara maju berlomba-lomba untuk melengkapi pangkalan data ilmiah mereka sebagai contoh pangkalan data bahan-bahan kimia, pangkalan data rantai DNA, dan sebagainya. Termasuk di dalamnya adalah pangkalan data para peneliti dan perpustakaan digital hasil-hasil karya ilmiah mereka. Pangkalan data yang kini banyak yang telah ditampilkan sebagai site/homepage, dilengkapi kemudahan mencari informasi yang dibutuhkan dan mendapatkannya dalam bentuk media elektronik bagi siapa saja yang memiliki akses ke internet.

Daftar pustaka

Current Contents Physical, Chemical and Earth Sciences. 2004. http://www.isinet.com/cgi-bin/jrnlst/jlsubcatg.cgi?PC=S. (30 Januari 2004)

Finding Internet Resources. 2003. http://www.library.webster.edu/online/bus50.html. (10 Desember 2003)

Indrajit, R.E. 2002. Teknik Searching Efektif di Internet. Penerbit PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Internet Search Strategies. 2003. http://www.rice.edu//fondren/erc/howto/search.html. (10 Desember 2003)

Mingail, S. Internet searching: art or science?. 2002. http://www.canadalawbook.ca/headlines/headline10_arc.html. (10 Desember 2003)

Wolman, Y. 1991. Informasi Kimia Petunjuk Praktis bagi Pemanfaatannya. (Alih bahasa : A.H. Pudjaaatmaka). Penerbit ITB. Bandung

 

3 Responses to Menjelajahi ilmu kimia di internet

  1. ineu says:

    minta cara penelitiannya

  2. assalamualaikum, saya minta

  3. Budi Nugroho says:

    #ineu dan frenki marlistio: terima kasih atas kunjungannya. silakan didownload artikel ini bila memerlukannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: