Food coma : serangan kantuk di siang hari


Food coma : serangan kantuk di siang hari

Ini penyakit orang Indonesia kebanyakan: mengantuk setelah makan. Terutama makan siang. Setelah kenyang makan siang, kita sering kali mengantuk. Buntutnya semangat kerja jadi menghilang.

Mengantuk setelah makan siang bukan berarti terjadi hanya pada pekerja saja. Hampir semua golongan lazim mengalami. Pelajar, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga pun banyak yang tak leluasa menahan kantuk setelah menyantap makanan. Jangan anggap enteng! Karena akibatnya, jika keinginan tidur itu dituruti, jam tidur kita menjadi berlebihan. Ini akan membuat tubuh semakin membengkak. Jika sudah begitu, rasa kantuk menjadi masalah besar.

Rasa kantuk yang menyerang seusai bersantap, disebut sebagai reaksi food coma. Banyak hal bisa menjadi penyebab terjadinya food coma. Seperti kita tahu, tubuh kita diibaratkan sebuah mesin pengolah. Fungsinya untuk menyerap sari makanan. Kalau makanan yang kita konsumsi dalam porsi yang cukup besar, otomatis tubuh kita akan bekerja ekstra keras. Akibatnya, tubuh terasa lelah dan mengantuk.

Rasa kantuk sebenarnya hadir salah satunya disebabkan karena kadar gula dalam darah sedang dalam keadaan menurun. Padahal gula darah bagi tubuh manusia bagaikan bensin bagi mobil. Tugasnya sebagai sumber tenaga atau energi. Nah, bagi tubuh manusia biasanya hanya cukup menyediakan kadar gula untuk sekitar dua jam saja. Maka tidak heran jika kita dianjurkan untuk menyesuaikan waktu bersantap dengan bioritme tubuh. Serangan food coma sendiri sering terjadi pada jam-jam berikut: pukul 10.00 atau 2 jam setelah sarapan; pukul 14.00 atau 2 jam setelah makan siang; dan pukul 16.00 atau 4 hingga 5 jam sebelum makan malam.

Ketika kadar gula tengah mengalami penurunan, biasanya kita menjadi kurang kreatif dan agak lamban berpikir. Bawaannya ya itu tadi, mata menjadi ngantuk melulu. Dalam tingkat yang lebih parah lagi, apabila kadar gula darah berada di bawah normal, maka akan timbul gejala hipoglikemia.

Sebenarnya mengantuk setelah maka juga berhubungan erat dengan pola makan sehat. Kadang kita lupa (atau sengaja tidak) makan pagi, lalu siang hari makan banyak atau makan siang sekedar diisi dengan jajan saja. Pola makan seperti ini tidak bagus buat pencernaan tubuh kita. Coba berimbang. Memperbanyak minum air putih akan memberikan “cadangan” oksigen untuk tubuh. Cadangan oksigen ini bisa memberi kesegaran pada tubuh lebih lama.

Harap diketahui, tidur siang memang sehat, cuma dengan catatan: kita kekurangan waktu tidur di malam hari. Jika kita sudah mencukupi kebutuhan waktu tidur kita delapan jam pada malam hari, tidur siang hanya akan menjadi sumber sakit kepala. Apalagi jika dikarenakan makan siang.

 

Ada beberapa hal yang bisa kita perbuat untuk menghindari serangan kantuk di siang hari. Yang pertama adalah, pada persiapan makan siang. Ketika jam istirahat masuk, lakukanlah gerak badan ringan dan sederhana seperti menggelengkan kepala, menggerakkan tangan atau berjalan dari ruangan ke ruangan lain. Ya lakukan saja. Nah, setelah itu, pun kalau mau lebih efektif lagi, pilih tempat makan siang yang agak jauh dari kantor saat makan siang, tetapi masih bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Usahakan makan tidak dalam porsi yang besar. Pada prinsipnya kita tidak makan untuk mengganjal perut yang lapar, tetapi menjaga untuk tetap sehat. Maka pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Jika anda belum sarapan pagi, jangan langsung makan makanan berat. Makan buah-buahan 30 menit sebelumnya sangat dianjurkan. Hasilnya : anda akan mendapatkan segudang vitamin atau mineral dalam tubuh.

Selanjutnya pada jam-jam setelah makan, usahakan untuk mengkonsumsi cemilan yang high protein. Tidak perlu dalam jumlah yang banyak asalkan perut anda tetap dalam keadaan terisi. Pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah, karena di dalamnya pasti kaya akan kandungan gula. Dan terakhir, di antara waktu sebelum jam makan, jangan segan untuk makan permen. Pilihlah permen berlabel low fat.

Setelah makan siang dan sedikit bergerak, semangat bekerja anda pun timbul kembali. Dan, insya Allah, serangan kantuk pasca makan siang pun bisa kita lewati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: